Pola Asuh Si Kecil Selama COVID-19 yang Perlu Orangtua Lakukan

Stone News - Mengasuh anak selama pandemi COVID-19 bisa saja membuat orangtua stres. Tetapi ini juga menjadi kesempatan baik untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak dan mendukung perkembangan mereka.
Dalam menjalani masa stay at home atau di rumah saja, sangat penting bagi orangtua untuk menggunakan pengasuhan positif dan mempertimbangkan pendekatan yang sehat untuk menangani anak-anakmu di masa yang serba sulit ini.
Dilansir AkuratParenting dari Boldsky, lihatlah beberapa tips pengasuhan anak yang akan membantumu berinteraksi secara konstruktif dengan anak-anakmu selama COVID-19.
Tetapkan waktu tertentu untuk intim dengan buah hati
Menghabiskan sekitar 20 menit atau lebih lama akan terbukti bermanfaat bagi anak-anakmu untuk melawan tekanan COVID-19. Tetapkan waktu tertentu setiap hari dan habiskan bersama anak-anakmu secara intim, hal ini akan membuat anak menantikannya setiap hari dan juga akan membuat mereka bahagia.
Tanyakan kegiatan yang diinginkan
Biarkan anak-anakmu memilih hobi atau tugas favorit mereka seperti musik atau menggambar agar tetap sibuk selama masa stay at home. Hal ini akan membantu membangun kreativitas mereka dan membuat mereka tetap terlibat untuk waktu yang lebih lama. 
Juga, jelaskan kepada mereka bahwa mereka tidak dapat melakukan kegiatan tertentu sementara waktu karena aturan jarak sosial.
Masak bersama
Jika anakmu sudah beranjak remaja, minta mereka membantumu menyiapkan makanan favorit. Misalnya, jika camilan favorit keluarga adalah roti lapis, minta mereka untuk membaca resep roti isi yang menarik atau menghias potongan roti. Berkreasi membuat resep baru juga menjadi salah satu cara lainnya yang bisa dilakukan.
Jangan terlalu banyak menonton
Menonton televisi dalam waktu lama dapat memengaruhi mata anakmu. Libatkan anak-anak dalam kegiatan seperti membaca buku, menggambar atau menari yang akan membuat mereka tetap terlibat tanpa mengorbankan kesehatan mereka. Kegiatan semacam itu juga akan meningkatkan perilaku kognitif dan kreativitas mereka.
Berolahraga Bersama
Tidak ada banyak bergerak selama masa stay at home dapat memengaruhi kesehatan anak-anak baik secara fisik maupun mental. Yang terbaik adalah berolahraga bersama menggunakan musik favorit mereka. Ini akan membuat mereka tetap sehat secara fisik dengan pikiran yang sehat untuk melawan tekanan COVID-19.
Dengarkan
Karena ada banyak berita COVID 19 yang muncul di mana-mana, anakmu mungkin pernah mendengar sesuatu tentang itu. Tetap diam tentang topik COVID-19 dapat membuat anak-anakmu rentan terhadap infeksi karena kurangnya informasi yang cukup. 
Dalam hal ini, orangtua perlu berbicara jujur apa adanya namun tanpa memberikan ketakutan. Selain itu cara terbaik adalah membiarkan anak-anakmu berbicara dengan bebas dan mengajukan pertanyaan tentang COVID19 sehingga mereka mendapat informasi yang benar dan menjaga diri mereka tetap aman.
Memberi dukungan
Situasi tak biasa ini yang sedang berlangsung dapat membuat anakmu takut atau bingung. Jadi, dukung dan minta mereka untuk membagikan perasaannya atau pemikiran apa pun yang mungkin mengganggu mereka karena situasi saat ini. 
Berbagi perasaan mengurangi stres dan kecemasan dan membuatmu siap secara mental untuk menghadapi segala situasi. Juga, beri tahu mereka bahwa Kamu sebagai orangtua akan selalu ada untuk mereka.

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BNI Tegaskan Dana Nasabah Tetap Aman, Sehingga Tak Perlu Khawatir Dengan Kasus Pembobolan Di Ambon

Pelaku Sindikat Pembobol Bank Berhasil Dibekuk Oleh Satuan Polda Metro Jaya

Dalam Sindikat Pembobolan Bank BCA, Pelaku Berhasil Dibekek Oleh Satuan Polda Metro Jaya